JU-JITSU SEBAGAI INDUK BELADIRI JUDO, AIKIDO, HAPKIDO

Menurut catatan sejarah dan literature kuno, Ju-Jitsu merupakan suatu beladiri berasal dari Jepang yang amat tua sekali umurnya, bila dibandingkan dengan beladiri Judo, Aikido, Hapkido, dan Karate.
Pada sekitar tahun 1300 Ju-Jitsu sudah jadi suatu beladiri yang popular di Jepang, walaupun masih dipelajari dikalangan terbatas.
Jaman Meiji Restorasi di Jepang merupakan jaman perkembangan Ju-Jitsu yang pesat dan saat itu banyak berdiri sekolah-sekolah Ju-Jitsu. Ditengah-tengah masa kejayaan beladiri Ju-Jitsu tersebutlah muncul seorang pemuda Jepang bernama JIGORO KANO, yang tekun mempelajari teknik-teknik Ju-Jitsu dari dua macam aliran.
Setelah Jigoro Kano pandai dalam teknik-teknik Ju-Jitsu aliran KITO-RYU dan TENSHIN-SINYO-RYU, diciptakanlah suatu bentuk beladiri baru pada tahun 1882 yang menitik beratkan pada inti gerakan membanting dan mengunci, dan beladiri baru tersebut dinamakan JUDO.
Pada tahun 1901 muncul lagi seorang pemuda Jepang yang berbakat bernama MOREHEI UYESHIBA yang dengan tekun mempelajari teknik-teknik Ju-Jitsu aliran KITO-RYU, DAITO-RYU, dan SHINKAGE-RYU. Dari ketiga aliran tersebut Morehei Uyeshiba menciptakan suatu beladiri baru, yang ia namakan AIKIDO, pada tahun 1925.
Beladiri Aikido menitik beratkan pada gerakan membanting dan mengunci, tapi gerakannya lebih halus dari pada Judo.
Hampir bersamaan dengan waktu pemuda Morehei belajar Ju-Jitsu, seorang pemuda lain bernama YANG SHUL CHOI dari Korea datang belajar Ju-Jitsu dari aliran DAITO-RYU, ia pun pulang ke Korea kembali setelah pandai dan menguasai aliran tersebut.
Dan setelah itu YANG SHUL CHOI berinisiatif untuk menggabungkan Ju-Jitsu DAITO-RYU dengan beladiri asli Korea yang bernama TANG-SO-DO. Dan lahirlah beladiri baru bernama HAPKIDO yang berasal dari penggabungan tersebut, pada tahun 1945 sebagai pendirinya Yang Shul Choi.

Pos ini dipublikasikan di Informasi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s